Blog Sederhana Sang Insan Faqir

Rabu, 18 Juni 2014

Manfaat Shalat Bagi Kesehatan

Allah tidak serta merta melarang atau pun menganjurkan makhlukNya untuk melakukan sesuatu melainkan ada kebaikan yang tersimpan didalamnya. Begitupun dalam perintah Allah tentang wajibnya menjalankan dan mendirikan Shalat.
Banyak orang dari kalangan biasa bahkan dari Ahli Kesehatan mencoba meneliti manfaat dari gerakan shalat, dan hasilnya? Subhanallah, Maha Suci Allah yang Mengetahui segala sesuatu yang kita tidak ketahui.
Berdasarkan hasil dari riset seorang Ahli Kesehatan, berikut manfaat gerakan Shalat bagi Kesehatan kita..


1. Takbiratul Ikhram
    Posisi takbiratul ikhram yaitu berdiri dengan tegak, mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga lalu melipat kedua tangan di perut atau dada (sebenarnya berdasarkan ilmu fiqh, lipatan tangan berada pada posisi diatas perut dibawah dada).

    Manfaat dari gerakan ini yaitu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, mengolah ragakan dada (paru-paru), kelenjar getah bening dan kekuatan otot lengan.

2. Ruku
    Posisi Ruku yang sempurna adalah lurusnya tulang belakang, sehingga bila diletakan segelas air diatas punggung tersebut maka tidak akan tumpah.
    Manfaat dari gerakan ini untuk menjaga posisi dan kemampuan dari tulang belakang  (Corpus Vertebrate) yang memiliki fungsi utama menyangga tubuh dan merupakan pusat dari seluruh urat saraf yang ada di tubuh kita. Posisi tangan yang bertumpu pada lutut kita berfungsi sebagai relaksasi bagi otot-otot bahu. Posisi ruku juga merupakan sebuah latihan untuk saluran kandung kemih untuk mencegah gangguan Prostat.

3. I'tidal atau Bangun Dari Ruku
    Posisi I'tidal adalah kembali berdiri tegak setelah ruku menjelang sujud dengan kedua tangan mengangkat setinggi telinga.
    Manfaat dari gerakan ini terjadi pada organ-organ dalam perut, karena organ-organ tersebut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian yang memiliki efek untuk menjadi pencernaan dalam perut menjadi lancar.

4. Sujud
    Posisi Sujud dalam Shalat yaitu gerakan menungging dengan meletakan kedua telapak tangan, kening, hidung, lutut, dan ujung jari kaki diatas lantai (alas shalat).
    Manfaat dari gerakan ini memompa aliran getah bening menuju leher dan ketiak. Posisi ini juga dipercaya untuk menghindarkan kita dari gangguan Wasir. Terkhusus untuk wanita, manfaat Ruku dan Sujud sangatlah luar biasa untuk kesuburan dan kesehatan organ intim kewanitaan.

5. Duduk
    Posisi duduk dalam shalat terbagi menjadi dua, yaitu Duduk Tahiyyat Awal atau Iftirosy dan Duduk Tahiyyat Akhir atau Tawarruk. Keduanya memiliki perbedaan yang terletak pada posisi kaki ketika duduk.
    Posisi pada saat Iftirosy yaitu posisi duduk yang bertumpu pada kedua pangkal paha yang terhubung dengan saraf Nervus Ischadius. Manfaat dari posisi ini menghindarkan nyeri dari pangkal paha yang terkadang membuat penderitanya tidak dapat berjalan.
    Posisi pada saat Tawarruk sangat bermanfaat untuk pria dikarenakan tumit menekan saluran kandung kemih, kelenjar kelamin pria, dan saluran Vas Deverens. Jika dilakukan dengan benar, posisi ini dapat mencegah terjadinya Impotensi pada pria.
    Adapun manfaat perbedaan posisi kaki ketika duduk yaitu merelakskan kembali otot-otot yang terdapat pada tungkai. Gerakan dan tekanan inilah yang mampu menjaga kelenturan dan kekuatan organ - organ gerak kita.

6. Salam
    Gerakan salam yaitu dengan menoleh (menghadapkan) kepala ke sebelah kanan dan sebelah kiri secara bergantian.
    Manfaat dari gerakan ini yaitu merelaksasi pada otot sekitar leher dan kepala, menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini juga dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan pada kulit wajah.

Selain manfaat kesehatan, shalat juga memiliki manfaat lain diantaranya Memacu Kecerdasan, Memperindah Postur Tubuh, Melancarkan Persalinan dan Memperbaiki kesuburan. Semuanya Insya Allah akan dijelaskan dikemudian hari.

Maka Kesimpulan dari tulisan ini yaitu, Ingin Sehat? Shalatlah..
Wallahu'alam bisshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar